Cara Penggunaan Nasturtium

Cara Penggunaan Nasturtium – Bunga nasturtium merupakan salah satu jenis bunga yang dapat di konsumsi dengan baik dan memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satu manfaatnya yang sangat di kenal adalah untuk menjaga kesehatan pada tubuh. Nasturtium relatif tumbuh dengan cepat. Batangnya dapat tumbuh hingga 0,91–1,83 m. Daun Nasturtium berbentuk lingkaran yang sedikit lebar dengan diameter 3 sampai 15 cm.

Daun Nasturtium berwarna hijau keabu-abuan di atas namun pucat di bawah. Tanaman ini memiliki bulu halus dengan tangkai daun sepanjang 5–30 cm di dekat bagian tengah daun. Beberapa urat daun menjalar ke tepi yang membulat dan sedikit melengkung.

Cara Penggunaan Nasturtium

Cara Penggunaan Nasturtium

1. Diekstraksi

Banyak hasil penelitian yang membuktikan beragam manfaat Nasturtium menggunakan metode ekstraksi. Meski demikian, tidak disarankan untuk melakukan ekstraksi sendiri di rumah.

Hal ini berkaitan dengan limbah dan bahan kimia, bahan, sterilitas, dan tahap-tahap yang perlu diawasi oleh ahli.

2. Diolah menjadi masakan

Seperti yang disebutkan diatas bahwa di Amerika, Nasturtium biasa diolah menjadi makanan seperti salad. Segala bagian tumbuhan dari Nasturtium mulai dari bunga, daun, dan akar dapat dimakan, namun yang paling banyak dikonsumsi adalah bunganya [13].

Nasturtium memiliki rasa sedikit pedas dan biasa disajikan sebagai hidangan tumisan. Biji Nasturtium yang masih mentah dapat dipanen dan dituangkan ke dalam cuka berbumbu untuk menghasilkan rasa dan hiasan.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji

3. Pasta

Guna memudahkan merawat dan sterilisasi luka dengan Nasturtium, mengoleskan Nasturtium akan sangat membantu.

Ambil beberapa helai daun Nasturtium, cuci bersih dengan air mengalir lalu tiriskan. Ketika daun masih sedikit basah, haluskan lalu aplikasikan atau tempelkan pada luka.

4. Dijus

Mengolah Nasturtium menjadi jus akan memudahkan untuk mengonsumsinya. Bagian Nasturtium yang biasa dijus adalah daunnya.

Ambil beberapa lembar daun Nasturtium, cuci bersih dengan air mengalir lalu beri sedikit air kemudian haluskan. Tambahkan madu atau brown sugar atau bisa juga dengan gula aren untuk menambahkan rasa manis.

Penelitian membuktikan bahwa mengolah Nasturtium menjadi jus tidak merubah kandungan baik di dalamnya, namun sebaiknya setelah jusnya siap agar langsung diminum.

Perlu diperhatikan pula untuk tidak meletakkan jus Nasturtium di ruangan yang terpapar matahari langsung sebab sinar UV akan menghilangkan kandungan fenol dalam Nasturtium, yang berarti pula mengurangi kandungan baiknya.