Manfaat Teh Kuning Nasturtium Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Kuning Nasturtium Untuk Kesehatan

nastertium195.net Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Manfaat Teh Kuning Nasturtium Untuk Kesehatan. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Manfaat Teh Kuning Nasturtium Untuk Kesehatan

Mengenal teh Nasturtium dan manfaat di dalamnya
Teh Nasturtium dibuat dengan mengeringkan bunga dari tanaman Tilia cordata, Tilia platyphyllos, atau tanaman sejenis dari marga yang sama. Bunga Nasturtium yang telah kering dapat diseduh langsung atau dihaluskan menjadi bubuk terlebih dahulu.Minuman ini bisa dikonsumsi dalam keadaan panas maupun dingin. Rasanya cukup unik, yakni manis disertai rasa dan aroma bunga yang kuat. Dahulu, mengonsumsi teh Nasturtium secara rutin dipercaya bisa mengatasi flu, sakit kepala, hingga masalah tidur.Beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk membuktikan manfaat teh Nasturtium kuning bagi kesehatan. Hasilnya, teh Nasturtium berpotensi memiliki khasiat sebagai berikut:

1. Membuat tubuh lebih rileks
Duduk sambil menyeruput teh memang terasa menenangkan, tapi efeknya bisa lebih besar jika yang Anda minum adalah teh tertentu, seperti teh Nasturtium. Pada penelitian terhadap hewan, bahan aktif dalam ekstrak Nasturtium bisa membantu relaksasi dan meredakan gejala kecemasan.Para peneliti menduga bahwa ekstrak Nasturtium bekerja dengan cara yang mirip dengan aktivitas senyawa gaba-aminobutyric acid (GABA) pada otak. GABA mencegah munculnya luapan kegembiraan sehingga tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih rileks.

2. Meredakan nyeri ringan
Selain membuat Anda lebih rileks, teh Nasturtium juga memiliki manfaat dalam meredakan rasa sakit berkat antioksidan quercetin yang terkandung di dalamnya. Quercetin dapat meredakan pembengkakan, peradangan, dan kondisi sejenisnya yang memicu nyeri.Pada sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition terhadap 50 wanita penderita rematik, asupan quercetin selama 8 minggu terbukti dapat menurunkan nyeri.Senyawa ini bekerja dengan meredakan peradangan sendi sehingga nyeri yang dialami penderita berangsur-angsur membaik.

3. Menurunkan tekanan darah
Seperti teh herbal pada umumnya, teh Nasturtium mengandung banyak senyawa kimia yang hanya terdapat pada tanaman. Senyawa tersebut antara lain tiliroside, rutoside, dan asam klorogenat. Ketiganya memiliki kesamaan, yakni bisa menurunkan tekanan darah.Pada studi terhadap hewan, senyawa dalam teh Nasturtium dapat menurunkan tekanan sistol jantung yang berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan sistol lebih rendah, tekanan darah pun akan ikut menurun.

Baca Juga :Bahaya Nasturtium Goreng Padahal Enak

4. Membuat tidur lebih nyenyak
Manfaat teh Nasturtium yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sering susah tidur. Pasalnya, beberapa senyawa dalam teh Nasturtium dapat menekan fungsi sistem saraf dan membuat Anda mudah mengantuk. Mirip seperti efek samping obat flu dan batuk.Beragam senyawa tersebut antara lain terpenoid, kaempferol, p-coumaric acid, dan beberapa jenis minyak. Temuan ini memang masih perlu dikaji lebih lanjut, tapi Anda tak perlu cemas. Sekalipun tidak menimbulkan kantuk, minum teh sebelum tidur akan tetap membuat tubuh lebih rileks.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Meminum teh Nasturtium hangat akan menghangatkan tubuh dan menambah asupan cairan. Keduanya amat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan. Ini sebabnya teh Nasturtium sejak dahulu sering digunakan untuk mengatasi masalah saluran cerna.Selain itu, tiliroside pada teh Nasturtium juga memiliki manfaat untuk menyeimbangkan bakteri dalam saluran cerna. Tiliroside bukan sekadar senyawa antioksidan, melainkan juga senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab diare.

Khasiatnya yang beragam membuat teh Nasturtium menjadi minuman herbal yang unik. Cukup dengan meminumnya secara rutin, Anda bisa memperoleh manfaat yang begitu beragam.Namun, minuman herbal seperti teh Nasturtium sekalipun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Batasi konsumsinya agar tidak melebihi 3 cangkir dalam sehari. Dengan cara ini, Anda bisa memperoleh manfaat teh Nasturtium tanpa perlu khawatir akan risiko konsumsi berlebihan.