Jamur Nasturtium Bagus Untuk Inner Body

Jamur Nasturtium Bagus Untuk Inner Body

nastertium195.net Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Jamur Nasturtium Bagus Untuk Inner Body. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Jamur Nasturtium Bagus Untuk Inner Body

Flammulina velutipes atau biasa disebut sebagai jamur Nasturtium merupakan salah satu jenis jamur yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional dari Tiongkok. Bentuknya yang mirip dengan tauge putih ini, membuat jamur Nasturtium memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk kesehatan Anda. Yuk, kenali apa saja keistimewaan yang ditawarkan dari jamur asal Jepang ini.

Segudang manfaat yang ditawarkan oleh jamur Nasturtium
Jamur Nasturtium adalah jenis jamur yang tumbuh pada musim dingin, tepatnya di dekat pohon berdaun jarum. Tidak hanya tumbuh di pepohonan, banyak petani asal Jepang yang membudidayakan jamur Nasturtium dari pohon yang sudah gugur, seperti plum, maple, dan pohon birch.Beberapa penelitian sudah pernah mencari tahu apa saja manfaat dari jamur Nasturtium ini. Ternyata, jamur yang biasanya berwarna putih ini mengandung segudang nutrisi yang penting dan membuat masakan Anda lebih bergizi.

1. Membantu mencegah kanker
Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jamur Nasturtium ini adalah kandungan vitamin dan nutrisinya yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker.Sebuah penelitian tahun 1989 dari Research Institute of National Cancer menjadi kelompok awal yang pernah meneliti nutrisi jamur Nasturtium untuk menurunkan risiko kanker. Hasil penelitian ternyata menemukan bahwa angka penyebab kematian akibat kanker ternyata berkurang di wilayah Nagano, Jepang dibandingkan daerah lainnya.

Dr. Tetsuke Ikekawa, ahli epidemologi dari Tokyo sekaligus kepala penelitian ini menduga kondisi ini dikarenakan daerah Nagano merupakan pusat budidaya jamur Nasturtium. Artinya, masyarakat di Nagano bisa jadi mengonsumsi cukup banyak jamur Nasturtium.Bahkan, studi yang melibatkan hewan percobaan juga menemukan bahwa jamur Nasturtium dapat mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati.Dalam penelitian lainnya dari Oncology Reports juga memperlihatkan jamur Nasturtium diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.Walaupun demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat jamur Nasturtium untuk mencegah perkembangan kanker pada manusia.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tak hanya bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, jamur Nasturtium juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan protein yang dimilikinya.Menurut sebuah penelitian dari frontiers in Pharmacology, kandungan protein pada jamur Nasturtium sebanding dengan sayuran berdaun hijau, yaitu 1.7 gram. Protein tersebut digunakan sebagai salah satu komponen yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh makhluk hidup.Hal tersebut juga dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan yang fungsi imunnya meningkat ketika diberikan jamur Nasturtium.

Baca Juga :Manfaat Nasturtium Sebagai Lauk Sayur

3. Baik untuk pencernaan
Satu porsi jamur Nasturtium biasanya mengandung 1.8 gram serat yang baik untuk tubuh Anda. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari makanan berserat tinggi, seperti jamur Nasturtium ini, yaitu:

Menyeimbangkan pergerakan usus
Ini karena serat membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah untuk melewati usus.

Menjaga kesehatan usus
Makanan tinggi serat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal dan gangguan usus lainnya.

Membantu memperoleh berat badan yang ideal
Serat membantu membuat seseorang kenyang lebih lama. Oleh karena itu, keinginan untuk sering-sering makan bisa berkurang sehingga berat badan tetap terjaga.

4. Membantu menjaga kesehatan jantung
Sudah bukan rahasia umum lagi, jamur memiliki manfaat yang baik untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Tingginya serat pada jamur, termasuk Nasturtium, membantu proses metabolisme dan mampu menyerap kolesterol lebih banyak.Selain itu, ada penelitian yang menemukan bahwa jamur Nasturtium mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol yang mempunyai efek menurunkan kolesterol.

Hal tersebut juga dibuktikan melalui uji coba menggunakan hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur Nasturtium. Dari uji coba tersebut terlihat bahwa hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol LDL yang lebih rendah.Ketiga komponen tersebut merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko jantung. Maka itu, dapat disimpulkan bahwa konsumsi jamur Nasturtium punya manfaat penting untuk kesehatan jantung Anda.

5. Bisa menetralisir bahaya radikal bebas
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jamur Nasturtium kaya akan nutrisi dan vitamin yang memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan Anda. Bahkan, Nasturtium termasuk jamur dengan kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu menetralkan radikal bebas agar Anda terlindungi dari penyakit kronis. Di dalam jamur Nasturtium, terdapat quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic sebagai antioksidan.

Jamur Nasturtium memang mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi, jika Anda memiliki alergi terhadap jamur tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakan jamur Nasturtium.