Cara Menanam Nasturtium

Cara Menanam Nasturtium

nastertium195.net Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Cara Menanam Nasturtium. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Cara Menanam Nasturtium

Bunga nasturtium merupakan tanaman berdaun hijau, memiliki bunga berwarna cerah berbentuk bulat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, harum dan sangat cocok dijadikan rangkaian bunga. Tidak hanya itu, bunga yang satu ini bisa dimakan karena termasuk dalam keluarga tanaman kubis, memiliki rasa yang renyah, sedikit pahit dan pedas.

Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji
Nastrium merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang dapat ditanam melalui bijinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda dapat memulai menanam biji Nasturtium di dalam ruangan sekitar 4-6 mingggu. Letakkan di samping jendela agar terkena sinar matahari.
  2. Setelah itu pindahkan tanaman yang telah ditumbuhi daun ke tempat yang terkena sinar matahari penuh.
  3. Tanaman ini menyukai tanah yang tidak subur sehingga tidak memerlukan pupuk (kecuali jika tanah Anda benar-benar tidak subur). Karena jika tanahnya subur maka tanaman ini akan menghasilkan lebih banyak daun dibandingkan bunga.
  4. Jika Anda menanamnya dengan menyemaikan bijinya secara langsung di lahan Anda, maka tanamlah dengan jarak sekitar 25-30 cm. Biji akan mulai berkecambah dalam jangka waktu 7-10 hari.

Perwatan Bunga Nasturtium:

  1. Siramlah tanaman secara teratur. Tapi perhatikan, jangan sampai tanaman Anda kelebihan air karena bunga nasturtium menyukai tanah yang tidak subur.
  2. Meskipun begitu, ia tetap membutuhkan air jika tanahnya benar-benar kering.
  3. Petiklah bunga yang telah mati/layu sehingga merangsang pertumbuhan agar dapat berbunga sepanjang tahun.
  4. Jika ditanam di dalam sebuah wadah/pot, Anda perlu memangkasnya setiap musim tanam.

Hama yang biasa menyerang bunga nasturtium:

  • Kutu kumbang
  • Ulat daun
  • Kutu daun
  • Siput
  • Virus, dan hama tanaman lainnya

Baca Juga :Manfaat Teh Nasturtium Untuk Membantu Tidur

Siapa yang tak tergoda dengan kecantikan bunga ini? Merah, oranye, kuning tersebar di antara daun yang hijau. Selain sebagai penghias kebun, bunga yang satu ini juga sangat enak untuk dibuat campuran mentega atau salad.Selain buah, biji dan daun, bunga merupakan bahan segar yang sering dijadikan campuran dalam berbagai hidangan. Dari puluhan jenis bunga yang bisa dimakan, nasturtium merupakan jenis yang paling disukai. Bukan hanya karena warnanya tetapi juga rasanya.Nama nasturtium berasal dari bahasa Latin, ‘nasus tortus’ yang artinya penggelitik hidung. Karena tanaman bunga yang masuk keluarga kubis ini memang punya rasa renyah, sedikit pahit dan pedas sehingga bakal merangsang hidung. Mirip dengan rasa selada air yang renyah sedikit pahit.

Banyak chef di dunia menyukai bentuk bunga mungil dengan 5 kelopak bunga ini. Karena itu sering dipakai untuk campuran salad, atau diaduk dengan mentega. Sebagai hiasan kue selain ditaruh begitu saja, bunga ini sering dicelupkan dalam putih telur lalu dibalut gula pasir dan dikeringkan sehingga tampilannya seperti bunga kristal.Bunga cantik dari Amerika Selatan ini juga bisa dicampurkan dalam mayones. Sedangkan daunnya juga dipakai sebagai pembungkus adonan daging atau ayam yang sudah dibumbui. Daunnya bisa dipakai sebagai pengganti daun anggur untuk pembungkus.

Agar rasanya tidak terlalu pahit, benang sari kecil yang ada di dalam bunga biasanaya dibuang. Setelah dicuci dan dilap hingga kering, kelopak bunga segar ini siap dimakan langsung atau diolah lagi. Daya tarik utamnya terletak pada bentuk bunga yang bagus dan warnanya yang memikat.Untuk petani sayuran, nasturtium sering ditanam di sela-sela tanaman sayuran. Karena tanaman ini sangat memikat serangga seperti lalat, belalang dan serangga kecil lainnya. Jadi, berfungsi sebagai pestisida alami yang aman.