Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji

Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji – Seperti yang kita semua ketahui bahwa bunga nasturtium merupakan salah satu bunga yang memiliki banyak sekali manfaat dan dapat di makan. Bunga nasturtium merupakan tanaman berdaun hijau, memiliki bunga berwarna cerah berbentuk bulat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh, harum dan sangat cocok dijadikan rangkaian bunga. Tidak hanya itu, bunga yang satu ini bisa dimakan karena termasuk dalam keluarga tanaman kubis, memiliki rasa yang renyah, sedikit pahit dan pedas.

Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji

Cara Menanam Bunga Nasturtium dari Biji

Pilihlah varietas nasturtium yang cocok untuk taman Anda. Pemilihan varietas ini ditentukan oleh tujuan Anda menanam nasturtium, serta luasnya lahan yang tersedia:
Indian Cress – jenis ini tumbuh menjalar dengan lebat, sangat cocok untuk taman yang besar; dikenal juga sebagai nasturtium kebun. Bunganya memiliki nuansa warna jingga, kuning, dan merah, serta berbunga di sepanjang musim panas. Nasturtium ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman yang menjalar pagar.
Dwarf nasturtium – varietas semak yang kecil, lebih cocok untuk kebun yang lebih sempir. Memiliki beragam warna bunga, dan mudah dirawat di taman.
Peach Melba – memiliki bunga berwarna kuning dengan bagian tengah berwarna jingga-merah, merupakan nasturtium yang banyak ditambahkan di dalam salad.
Salmon Baby- memiliki warna jingga-merah muda yang unik dan tampak cantik di taman.

Pertimbangkan untuk mulai menanam biji di dalam ruangan. Nasturtium biasanya ditanam di dalam ruangan agar mulai berbunga sesegera mungkin di musim semi, setelah salju terakhir terlewati. Jika Anda ingin mulai menanam biji di dalam ruangan, rencanakanlah menanamnya empat hingga enam minggu sebelum salju terakhir musim semi.

Baca Juga : Manfaat Bunga Nasturtium Untuk Kesehatan

Pilihlah tempat menanam yang baik. Nasturtium menyukai sinar matahari penuh, tetapi tanaman ini perlu dilindungi dari sinar matahari pada siang hari di musim panas. Karena tidak membutuhkan banyak perawatan, nasturtium merupakan tanaman yang cocok untuk bagian taman yang gundul dan tidak disukai.

Persiapkan tanah. Nasturtium menyukai tanah yang gembur dan memiliki aliran air yang baik, tetapi lembap. Tanaman ini lebih menyukai tanah yang tidak subur, sehingga jangan berikan pupuk. Jika ada terlalu banyak pupuk di dalam tanah, nasturtium akan fokus menghasilkan daun dibandingkan bunga. Hindarilah bagian taman dengan tanah lempung yang berat dan basah.

Semaikan secara langsung atau pindahkan tanaman muda setelah salju terakhir. Jika Anda menyemaikan bijinya secara langsung, tanamlah dengan jarak 25 cm dengan kedalaman sekitar 1,2 cm. Jika Anda memindahkan tanaman muda, biarkan tanaman itu berada di dalam pot gambutnya, dan tanamkanlah langsung ke dalam tanah. Cara ini akan mencegah terjadinya kerusakan akar tanaman. Jagalah agar lahan tanamnya tetap lembap secara merata.